Hidden File

Kamu pasti sudah tau kan yang namanya hidden file, yaitu sebuah file atau folder yang di sembunyikan oleh kamu atau seseorang karena alasan tertentu. Pada windows cara untuk meng Hidden kan file itu sangat mudah, kamu tinggal pilih file atau folder yang mau kamu sembunyikan (hidden), lalu klik kanan pada file atau folder tersebut pilih properties, nah di bagian bawah yaitu Attributes kamu tinggal klik a.k.a centang pada tulisan hidden lalu klik OK dan,
Selamat kamu telah berhasil menyembunyikannya (lebay dikit dah, hehe). Tapi hal itu adalah cara biasa yang sudah banyak orang tau, kamu pun mungkin sudah mengetahuinya kan. Tapi yang ini beda, jarang orang yang tau tentang cara ini.
Pada settingan komputer standar file yang beratribut hidden tidak akan di tampilkan, tapi di bagian status bar akan diberi keterangan berapa jumlah file yang di hidden pada folder tersebut. Sehingga pengguna lain (yang sadar) akan mengetahui jumlah file yang di hidden pada folder tersebut. Cara mengaktifkan status bar ada pada menu view.

Nah, dalam tutorial kali ini, ane akan memberitahu cara untuk menyembunyikan (hidden) file/folder tanpa tertulis pada status bar sehingga tidak seperti pada gambar di atas. Cara ini memang sedikit susah (kelihatannya, jika pertama kali) tapi jika kamu sudah terbiasa, ane rasa cara ini bisa jadi pilihan lain jika kamu ingin menyembunyikan file / folder yang benar-benar tidak ingin terlihat oleh orang lain.

Baik, kita mulai sekarang. Pertama tentukan dulu file/folder yang mau di hidden (pastinya), selanjutnya buka cmd.exe caranya klik start lalu pilih run (atau tekan tombol windos + R), ketikan "cmd" (tanpa tanda kutip).
Saran ane, lebih baik pindahkan file/folder yang mau dihidden ke drive C: atau drive lain, ditaruh di drive flashdisk pun juga bisa. Pada cmd.exe ketikkan drive tempat kamu menaruh file/folder tadi, jika kamu menaruh pada drive F, ketikkan "F:" (baca: F titik dua (tanpa tanda kutip)).

Nah selanjutnya ketikkan lagi "attrib +s +h nama file/folder" (untuk lebih mudahnya tekan dulu huruf pertama dari file/folder kamu, misal : fiksi.rar >> cukup tekan huruf  f di ikuti dengan menekan tombol tab sampai nama file/folder kamu muncul), setelah itu tekan enter.
Maka file/folder kamu akan menghilang, dan jika kamu melihat status bar, jumlah object nya akan berkurang satu, dan tanpa tambahan 1 file hidden.

Cara ini sebenarnya sama dengan cara biasa, hanya saja file yang di hidden juga menjadi file system. Keterangan "attrib" adalah kode untuk merubah attribute sebuah file/folder. "+s" adalah kode untuk merubah file/folder menjadi berattribute system. "+h" adalah kode untuk merubah file/folder menjadi berattribute hidden. Misal jika kamu menghidden file/folder kamu di dalam flashdisk, lalu kamu menggunakannya pada komputer lain dan jika komputer tersebut telah disetting untuk dapat melihat file system maka tentu saja file/folder kamu akan tetap terlihat hanya saja warnanya sama dengan file yang di hidden biasa.
cara menormalkannya pun kurang lebih sama dengan cara menghiddennya, kamu hanya perlu merubah tanda "+" menjadi tanda "-". Jika kamu ingin melihat file/folder yang telah kamu hidden ada 2 cara, yang pertama kamu perlu merubah Folder setting, dan yang kedua lebih mudah, pada address bar kamu cukup menulis nama file/folder kamu (tentu aja kamu harus inget dengan nama file/folder yang kamu hidden).
Jika seperti diatas kamu hanya perlu mengetik nama file/folder kamu setelah "F:\" (sesuaikan dengan drive kamu) menjadi "F:\fiksi.rar" lalu tekan enter.
Cara menghidden sudah, cara menormalkannya juga sudah, OK dah berarti sudah juga tutorial ane tentang Hidden File.
Sekian dari ane, untuk saat ini....

Komentar

ahmad mengatakan…
wah, trick tips yg cocok buat para kolektor bokep. wakakakaka kalo ane g perlu hidden file segala. tapi kalo buat file2 pentingan ane mungkin trick tips ini bermanfaat. thanks gan!
Amad Yasin mengatakan…
@ahmad > ane juga mikir kayak gitu bro, tapi kan pasti kita punya file yang lebih penting selaen ntu, yang cuman pengen kita aja yang tau, apa lagi kalo komputer kita gak dipake ama kita aja, misal ama keluarga, tapi belom tentu bkp an yah.. hehe

Postingan populer dari blog ini

BlueSoleil 5.4.277.0

Cara Memotong Subtitle

Merubah Waktu Tampilan Subtitle