Al-Qur'an di Ms. Word

Kali ini ane mau share tentang program yang membuat Ms.Word kamu bisa memuat serta menterjemahkan Al-Qur'an. Program ini cukup kecil, tapi tentu saja program ini memerlukan Ms.Word terinstall pada komputer kamu. Karena Program ini akan menjadi semacam add-ins (pelengkap) Ms.Word kamu, sehingga tidak akan memenuhi folder start menu.

Berikut adalah tampilan pada saat ane mencoba untuk menginstallnya,



Prosesnya tentu sama saja seperti kamu menginstall software lain. Setelah proses instalasi selesai, coba buka Ms.Word kamu, maka akan ada menu tambahan seperti gambar ini, (ane mencobanya pada Ms.Word 2007, tapi mungkin saja bisa terinstall juga pada Ms.Word 2003, tapi mungkin tempat menunya saja yang berbeda)


Yaitu menu Add-Ins setelah menu View, di menu Al-Qur'an kamu bisa tentukan sendiri, jika ingin menampilkan ayat Al-Qur'an beserta terjemahannya pilih Get Arabic+Translation , jika kamu hanya ingin mendapatkan ayat Al-Qur'an pilih Get Arabic , begitu juga bila kamu hanya perlu terjemahannya saja, kamu tinggal pilih Get Translation.

Ketika kamu memilih salah satunya, akan ada window baru seperti ini,
Tentu saja, tampilan windownya akan berbeda sesuai pilihan kamu. Tampilan ini bila kamu memilih Get Arabic+Translation. Pilihan Unicode , New Line dan Switch akan menampilkan tampilannya masing-masing, ane tidak akan menjelaskannya, supaya kamu iseng untuk mengutak-atik program ini.

Oh iya, secara default hanya terjemahan bahasa Indonesia saja yang tersedia, pada paket download yang akan ane berikan sudah tersedia 2 plugin Translationnya yaitu Indonesia dan English. Loh koq, kenapa plugin Indonesia disertakan, kan sudah ada dalam programnya ? karena plugin Indonesia yang ada dalam paket ini akan menambahkan bagian penjelas pada terjemahan yang akan dihasilkan nantinya (yang penting kamu coba saja dulu), kalau yang English ya sudah jelas lah, kamu akan mendapatkan terjemahan dalam bahasa inggris, seperti ini,

Download Setup Al-Qur'an in Word

Komentar

* just for fun * mengatakan…
wahh enak nihh gan.... nihh aku sob... (wildan)
Amad Yasin mengatakan…
tapi ni gak bisa dimakan gan, hehe...
silahkan di coba bro...

Postingan populer dari blog ini

BlueSoleil 5.4.277.0

Cara Memotong Subtitle

Merubah Waktu Tampilan Subtitle