Google Docs

Hai, mo share lagi nih.,
biasanya kalo kita mau buat dokumen perlu program yang namanya word,power point, atau excel (office) kan ??
dan program-program yang kamu sering gunakan pasti yang menggunakan tahun sebagai pelengkap namanya kan ??
atau ada yang menggunakan office yang lain ?? atau software pengolah kata lain, apapun softwarenya yang penting bisa membantu kamu dalam membuat tulisan-tulisan kan. Tapi satu hal yang pasti, kamu perlu menginstall software tersebut kan ?? kecuali kamu menggunakan software yang portable.



Nah dalam sharing kali ini, sesuai judul ane mo memberitahu tentang Google Docs. Kalo diliat dari nama, kamu sudah tau kan kalo ini berasal dari situs pencari yang menjadi andalan kita, yaitu Google. Lalu, apa hubungannya dengan office ?? khusus yang satu ini ada hubungannya, jika biasanya kita menggunakan software-software berbau office (padahal gak bau) yang memerlukan proses instalasi dan pastinya harus memiliki CD ato master setup instalasinya,. Tapi jika menggunakan Google Docs, kamu gak perlu install apa-apa. Loh, koq gak perlu di install gimana menggunakannya ?? apa ini software portable ?? BUKAN.



Google Docs merupakan layanan dari Google yang dapat di akses secara online melalui situs docs.google.com. Penggunaannya pun kurang lebih sama dengan software office lainnya. Hal yang perlu di siapkan jika ingin menggunakan layanan dari Google ini hanyalah koneksi internet dan sebuah akun google (klik disini jika belum memiliki akun google). Mungkin layanan ini cukup berguna bila kamu sedang berkunjung ke warnet yang belum / tidak menginstall office. Google Docs mendukung format-format yang populer dalam office seperti DOC, XLS, ODT, ODS, RTF, CSV, PPT dll. Jadi yang perlu kamu lakukan jika ingin mengedit file tinggal upload saja. Setelah itu kamu bisa mengeditnya seperti menggunakan office terkenal lainnya. Jika sudah selesai kamu pun bisa menyimpan di tempat penampungan Google Docs, ato kamu dapat mendownload kembali file kamu, pilihan format pun beragam, tapi supaya file kamu dapat di edit kembali, lebih baik download dengan format yang sama ketika kamu meng uploadnya.



Tapi kan Google Docs ada di internet, bisa-bisa file yang saya upload nanti bisa di lihat orang lain, padahal file yang perlu saya edit adalah file yang private, lalu bagaimana ?? kamu tidak perlu khwatir, file yang kamu upload ke Google Docs secara default bersifat unshare sehingga file tersebut hanya akun Google kamu yang bisa melihatnya. Tapi bagaimana kalo file tersebut ingin saya beritahu kepada teman / relasi saya disana, jadi saya tidak perlu kirim email kepadanya ?? jika kamu ingin share file tersebut dgn orang lain, tinggal klik kanan saja file tersebut, terdapat beberapa pilihan disitu, jika kamu hanya perlu link untuk mendownloadnya atau mau mengirimnya lewat email pun bisa, jadi kamu tidak perlu upload file tersebut sebagai attachment/lampiran.

nah, sampai disini dulu share ane kali ini, kalo ada yang masih bingung tinggalin komen aja dibawah,

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BlueSoleil 5.4.277.0

Cara Memotong Subtitle

Merubah Waktu Tampilan Subtitle