Menjalankan Program Windows XP di Windows 7

Sistem Operasi Windows 7 memang masih tergolong baru, sehingga tidak semua aplikasi/program atau game dapat berjalan pada sistem tersebut. Sehingga bagi pengguna yang tidak bisa menjalankan aplikasi yang dia butuhkan mungkin blom mau beralih ke windows 7, padahal sistem operasi ini sudah lebih disempurnakan dibanding windows XP dan Vista, ane pun sekarang sudah merasakan kemudahan dari Windows 7. Apalagi ada sebuah kabar yang menyatakan bahwa segala dukungan untuk windows XP akan mulai dihentikan, dan diharapkan semua komputer sudah terinstall Windows 7.


Sempat beberapa waktu yang lalu ane mendownload sebuah game balap, lalu ane instal pada komputer ane yang sedang mengaktifkan windows 7, proses installnya sama dengan aplikasi lainnya. Namu ketika ane ingin segera mencobanya yaitu dengan mengklik ganda icon yang ada di dekstop, game tersebut tidak berjalan, bahkan tidak terjadi apa-apa pada komputer ane.


Lalu ane pun mencoba mencari file aplikasi aslinya yang ada difolder instalasinya, begitu ane klik game pun tidak jalan, seperti tidak melakukan apa-apa. Saat kembali melihat homepage dari game tersebut, ane masih belum menemukan petunjuk, dan ternyata petunjuk ane temukan pada file readme.txt, file tersebut memang berguna untuk mengetahui syarat suatu aplikasi dapat berjalan.


Dan ternyata game ini hanya dapat berjalan pada Windows XP, ane pun langsung bingung, padahal ane ingin mencoba game tersebut, lalu ane ingat sebuah fungsi pada Windows XP yang dapat menjalankan sebuah aplikasi untuk windows-windows terdahulu (Win95,Win98,Win2k), dan ternyata fungsi tersebut masih ada pada Windows 7. Dan setelah ane mencobanya ternyata berhasil, dan ane pun bisa memainkan game tersebut.

Nah, cara untuk mengatur sebuah aplikas atau game yang hanya bisa berjalan untuk windows versi lama adalah sebagai berikut :
1. Cari file aplikasi yang asli (bukan shortcut contoh: RTR.exe)
2. Klik kanan file tersebut lalu pilih Properties
3. Buka tab Compatibility
4. Centang "Run this program in compatibility mode for:"
5. Pilih versi Windows lama yang kompatibel dengan aplikasi/game kamu, lalu OK


Setelah itu coba tes. Mudah-mudahan dapat berjalan normal.
Sekian info dari ane terima kasih

Komentar

florentinus mengatakan…
bos, saya kan sering tuh oll di hotspoy gratisan punya telkom he he.. nha tapi saya sering konek tapi gak bisa akse tuh alias di jailin laptop lawan yang gk saya kenal. tolong dong bagi tips biar bisa konek walaupun ad yang jail gitu...
Amad Yasin mengatakan…
wah, ane pengen bantu juga nih, tapi apa daya...
ane sendiri aja blom punya sesuatu yg ada wifinya, jadi gak ngerasain hal yg serupa,.
tapi kalo ane nemu infonya, ane akan update diblog ini deh...
PTC123 mengatakan…
ane sekarang masih pake win XP rencana kedepan jg mo beli laptop baru Win 7, tapi ane mikir apa bisa ya Game Win XP jalan di Win 7. eh ternyata bisa... he he he...
kalau sempat mampir ya gan ke blog ane:
http://iconptc.blogspot.comepan jg mo beli laptop baru Win 7, tapi ane mikir apa bisa ya Game Win XP jalan di Win 7. eh ternyata bisa... he he he...
kalau sempat mampir ya gan ke blog ane:
http://iconptc.blogspot.com
Amad Yasin mengatakan…
tentu bisa sob, asal win 7 yang ada di laptop versi 32bit, semua aplikasi win XP bisa diinstal,

tapi kalo win 7 versi 64bit, ya sama aja seperti win XP 64bit, ada beberapa aplikasi yang memang tidak bisa diinstal

ceknya di properties my computer
selamat menikmati win 7 di laptop baru ya sob..
Maaf,,, trik anda sudah pernah saya coba, tetapi tetap tidak berhasil
Unknown mengatakan…
biasanya juga begitu

Postingan populer dari blog ini

BlueSoleil 5.4.277.0

Cara Memotong Subtitle

Merubah Waktu Tampilan Subtitle