Menyimpan Halaman Web Menjadi Gambar

Banyak program yang memiliki kemampuan mengambil bagian atau seluruh halaman web menjadi gambar, ane sudah mengenal Snagit dan Snapit. Tapi yang memiliki kemampuan untuk mengambil seluruh halaman web dari atas sampai bawah dan merubahnya menjadi gambar hanyalah Snagit, namun entah kenapa saat ane sedang ingin menggunakan fitur tersebut, program Snagit ane malah error dan tidak bisa melakukan scrolling untuk mengambil bagian halaman web yang berada dibawah, akhirnya.

Akhirnya ane pun mencari program baru lagi yang dapat melakukan hal yang sama seperti Snagit, yaitu dapat mengambil gambar seluruh halaman web dari atas sampai bawah. Setelah mondar-mandir bertanya kepada mbah google, akhirnya ane menemukan sebuah add-ons firefox yang dapat melakukan hal tersebut.

Nama add-ons tersebut adalah ScreenGrab. Cara menggunakannya pun sangat mudah, yang pertama kali kamu tentu harus menginstall add-ons tersebut. Setelah terinstall dan selesai direstart, nanti akan ada icon kecil di sudut kanan bawah

kamu bisa mengklik icon di sudut kanan bawah tersebut, atau kamu pun bisa dengan menggunakan klik kanan, dan pilih ScreenGrab! yang ada dibagian bawah, hasilnya akan sama.


ada 2 pilihan yang disediakan, yaitu Save... dan Copy...
Mungkin sub pilihan dikeduanya sama, tapi hasilnya berbeda. Bila kamu ingin menyimpan sebagai gambar, lebih baik pilih Save. Tapi bila kamu ingin memasangnya di Word, kamu bisa pilih Copy, lalu tinggal paste di Word.
Selain itu, ada 4 sub pilihan juga yang tersedia. Ane akan jelaskan satu persatu
1. Complete Page/Frame = akan mengambil gambar lengkap 1 halaman / 1 frame
2. Visible portion = akan mengambil gambar bagian halaman yang terlihat saja
3. Selection = kamu dapat menentukan sendiri, bagian mana saja yang mau diambil
4. Window = akan mengambil gambar seluruh window browser kamu (kurang efektif pada firefox 4)

Nah,. itulah yang bisa ane sharing kali ini, ane mencoba add-ons ini di firefox 4 dan flock 2.6.1. Sekian dari ane, bila ada yang masih bingung bisa ditanyakan dengan menulis komentar dibawah.

Komentar

muarra mengatakan…
great thanks,,

Postingan populer dari blog ini

BlueSoleil 5.4.277.0

Online YM Generator Blogger

Merubah Waktu Tampilan Subtitle