Mengakses WAP / situs mobile dengan Firefox

Normalnya, kamu tidak akan bisa membuka situs WAP dengan Firefox, karena ada beberapa situs yang dibuat di internet yang hanya bisa dibuka oleh browser ponsel, atau yang biasa orang banyak gunakan adalah opera mini, kecuali blog versi mobile ane(hehe),. semuanya bisa dibuka dengan Firefox. Nah, jika kamu ingin membuka situs WAP dengan Firefox, ayo segera baca terus sampai akhir.
Sebenarnya, alasan utama kenapa ada beberapa situs yang tidak bisa dibuka oleh Firefox, tapi bisa dibuka dengan opera mini/browser ponsel adalah karena situs tersebut menggunakan sebuah script untuk mendeteksi browser yang sedang mengakses kesitus tersebut, yang dideteksi adalah User Agent.

Karena setiap browser memiliki User Agent yang berbeda-beda, dan situs tersebut hanya menerima User Agent dari browser ponsel/opera mini. Nah, ane menemukan sebuah add-ons di Firefox untuk merubah User Agent Firefox, jika kita merubah User Agent Firefox kita dengan User Agent opera mini, maka kita bisa mengakses situs WAP dari Firefox.

Dan ternyata, situs google pun, bisa terkecoh loh, coba saja buka halaman penerjemah google atau halaman extension google chrome setelah kamu mengganti User Agent kamu dengan User Agent Google Chrome, lalu bandingkan ketika menggunakan User Agent default Firefox kamu.

Nah, buat yang dah tidak sabar untuk mencobanya, silahkan klik User Agent Switcher, atau kunjungi halaman add-ons User Agent Switcher untuk melihat review lebih jelasnya.

Setelah kamu install, sudah ada beberapa User Agent yang dipasang, nah kalo mau menambahkannya lagi, ane sudah mengumpulkan beberapa User Agent, dan bisa kamu lihat disini. Setelah kamu download, tinggal kamu import saja dari browser kamu, caranya yaitu
buka Tools -> Default User Agent -> Edit User Agents...

lalu dibagian kiri bawah, klik tombol Import... , tapi sebelumnya klik/centang dulu "Overwrite existing...",
jadi nanti tidak ada data yang kembar, setelah itu, baru browse file xml yang sudah didownload tadi.

Jika mau User Agent yang lain bisa kamu cek di List of User Agent Strings
atau bila ingin mengecek User Agent browser lain yang kamu punya, cek disini www.useragentstring.com
terus tinggal buat User Agent baru dengan cara
buka Tools -> Default User Agent -> Edit User Agents...
lalu tekan tombol New -> New User Agent...
Lalu copy tulisan yang ada ditexbox dibawah tulisan "User Agent String explaine", dan paste di bagian User Agent, tulis namanya di Description, tidak usah memperdulikan yang lain(tapi kalo mau lengkap ya tidak masalah), setelah itu tekan OK, dan sebuah User Agent baru telah kamu miliki.

Oke,. cukup sekian info dari ane tentang mengedit User Agent di Firefox supaya bisa mengakses situs WAP atau situs mobile, oh iya, addons ini juga dapat diinstall pada browser Flock versi Mozilla. Satu lagi, ada beberapa situs yang tetap tidak bisa dibaca oleh browser Firefox, hasilnya adalah bukannya halaman tampil, malah browser meminta kamu untuk mendownload halaman tersebut. Bila ada yang masih membingungkan, silahkan tulis komentar dibawah, ane akan bantu sebisa mungkin, terima kasih sudah mau membaca.

Komentar

indrawan21 mengatakan…
makasih gan infonya...
Amad Yasin mengatakan…
sama-sama sob... senang bisa membantu...
Rizal Full Version mengatakan…
buatin xml-nya tipe hp nya Samsung Champ GT-C3303i

bales komentarnya di email

email:mcrizalabdulbasith@gmail.com
Amad Yasin mengatakan…
untuk melihat user agent dari browser lain
dapat membuka link berikut

http://infoiseng.co.cc/cekdataip.php

Postingan populer dari blog ini

BlueSoleil 5.4.277.0

Online YM Generator Blogger

Merubah Waktu Tampilan Subtitle