Mengurangi Penggunaan Memori pada Firefox

Pada postingan kali ini, ane akan membahas bagaimana cara mengurangi penggunaan memori pada browser Firefox. Setelah kamu mencoba mengurangi memori yang digunakan pada firefox menggunakan firefox ultimate optimizer pada postingan sebelumnya, sekarang ayo kita mencoba mengurangi kembali penggunaan memori pada firefox langsung dari firefox sendiri, yaitu dengan mengedit sedikit bagian dalam firefox.

Secara default, Firefox menggunakan memori sistem, dan tidak menggunakan memori cache. Nah, untuk mengurangi memori yang digunakan, yang harus dilakukan adalah membuat ukuran yang pasti untuk memori cache, untuk membuatnya, silahkan ikuti cara dibawah ini.

Langkah Pertama :
1. Buka Firefox kamu (bila sambil melihat postingan ini, sebaiknya buka window baru), lalu ketikkan about:config di address bar

2. Ketik browser.cache.memory (atau copy saja dari tulisan ini)
dan pastikan Value dari browser.cache.memory.enable bernilai true, jika bernilai false, klik saja 2 kali untuk merubahnya menjadi true

Langkah Kedua :
1. Klik kanan pada browser kamu, lalu pilih New, terus pilih String

2. Ketik browser.cache.memory.capacity (dicopy dari sini juga bisa), untuk mengisi nama pada preference name

3. Setelah klik tombol OK, maka akan muncul tampilan baru lagi, nah dibagian inilah diisi value/nilai dari memori cache dibrowser kamu
Isi nilainya tergantung dari besarnya RAM yang terpasang dikomputer kamu, karena ane punya 1,5GB RAM, maka ane mengisi nilainya dengan 24576, berikut adalah nilai-nilai dalam KB untuk ditetapkan sebagai memori cache

- Jika RAM 512MB Masukan angka 8192
- Jika RAM 1GB Masukan angka 16384
- Jika RAM 2GB Masukan angka 32768

Karena RAM yang ane gunakan 1,5GB maka 8192+16384=24576

Nah,. jika sudah selesai, restart Firefox kamu,
Setelah itu kamu bisa cek memori cache yang sedang digunakan Firefox, dengan mengetikkan di address bar

about:cache?device=memory
Tapi jika kamu berniat untuk mengupgrade Firefox kamu, mungkin penggunaan memorinya akan lebih sedikit,
tapi tidak ada salahnya bila kamu mau menggunakan cara ini.
Sekian info dari ane, terima kasih sudah mau membaca, bila ada yang masih bingung, bisa tuliskan komentar dibawah

Komentar

robbie.blogger mengatakan…
Bung takeogoung; sy bingung. dimana sy mengetikkan kode tsb ? apakah di tombol start ->trus kotak RUN ? pusng nih ...!heheee oia artikelnya bagus saya suka bung... ditunggu infonya ya..
Amad Yasin mengatakan…
postingan ane kali ini tidak menggunakan kotak RUN bung robbie,.
tapi langsung dibrowser...
ketiknya di tempat bung robbie biasa menulis alamat/URL ...
misal blogger.com > about:config
begitulah..
robbie.blogger mengatakan…
Terima kasih utk artile yg dulis oleh bung yasin, sngat bermanpaat yang saya rasakan karena dengan mempraktekannya saya bisa berselancar di dunia maya dengan leluasa walaupun sinyal yg saya peroleh dr koneksi edge. sekali lagi trm ksh ya bung yasin..^_^
Amad Yasin mengatakan…
sama-sama bung robbie...
senang rasanya bisa membantu...
free backlinks mengatakan…
maap gan trik ini cocok untuk semua versi firefox??
saia pake versi terbarunya yg ke-4 gan
bisa gak?
Amad Yasin mengatakan…
saat mempraktekkan posting ini, ane mencobanya menggunakan firefox 3.5 sob,(pokoknya versi sebelum firefox4)
dan setelah ane upgrade ke firefox 4, settingannya tetap ada dan tidak berubah,
jadi mungkin trik ini pun cocok untuk semua versi firefox...
dicoba saja dulu sob...
Anonim mengatakan…
Kira_kira ada kekurangan atau kerugian terhadap firefox_nya gak Gan....??

semua artikelnya keren ...
saya baru pertama kali masuk k link ini udah langsung mengatakan WOW....

saking kernnya isi_isi artikelnyaa...

maju tterus Gan...
Amad Yasin mengatakan…
menurut ane, tidak ada kekurangan yg terjadi pada firefox,
justru malah cachenya dibatasi,
jadi tidak memberatkan PC saat firefox dijalankan,

tapi cara ini blom sempet ane gunakan pada firefox yg terbaru,
(saat ini menggunakan versi 8.0)

btw, terima kasih,
tapi untuk beberapa saat ini ane blom bisa tambah postingan diblog ini, karena ada kesibukkan lain

Postingan populer dari blog ini

BlueSoleil 5.4.277.0

Cara Memotong Subtitle

Merubah Waktu Tampilan Subtitle