Istilah LapTop, NoteBook, NetBook, dan Nettop

Tau kah kamu istilah LapTop, NoteBook, NetBook, atau Nettop ? Itu semua merupakan istilah-istilah zaman sekarang yang sudah mulai terkenal. Tapi, apa sebenarnya arti dari masing-masing istilah tersebut ? dan apa perbedaannya ?

Sebenarnya perbedaan yang sangat terlihat dari istilah-istilah tersebut adalah artinya. Padahal inti dari istilah tersebut tidak jauh dari arti 'Komputer jinjing' atau 'komputer lipat'.

LapTop NoteBook

Dalam hal bentuk, LapTop dan NoteBook memiliki bentuk yang sama. Kenapa bisa memiliki 2 sebutan untuk satu bentuk? pertama ayo kita bahas LapTop.
Laptop sendiri berasal dari 2 kata bahasa inggris, yaitu 'Lap' yang berarti 'Pangkuan', dan 'Top' yang berarti 'Di atas', sehingga jika di Indonesiakan berarti 'Di Atas Pangkuan'. Yang maksudnya komputer jenis ini dapat kita gunakan walau tanpa meja, tapi dalam kenyataanya pengguna LapTop lebih sering menggunakannya di atas meja.

NoteBook lebih memiliki arti komputer kecil dan efektif yang dapat dibawa kemana-mana, apabila aktivitas sehari-hari kita mobile. Istilah NoteBook pun keluar bersamaan dengan istilah LapTop. Dalam hal kepopuleran, istilah NoteBook lebih terkenal di Amerika, sementara di Indonesia istilah LapTop lah yang lebih familiar.

Untuk NetBook, ternyata istilah ini baru diluncurkan intel pada Februari 2008. Dalam hal bentuk NetBook lebih berukuran kecil, ringan dan lebih fungsionalitas. Dan yang pasti, sesuai namanya NetBook lebih memiliki penekanan fungsi pada aplikasi internet dan wireless communication.

NetBook

Tapi, karena ukurannya yang kecil, layar yang dimiliki pun terbatas antara 7-10 inch, dan bila lebih dari itu sudah bukan kelas NetBook lagi. Tidak hanya layar yang kecil, tapi banderol harga pun lebih kecil, karena itu pengguna NetBook lebih cocok untuk pengguna yang menggunakan perangkat ini untuk beinternet, chatting, mendengarkan musik dan video, atau pun hal-hal lain yang bersifat hanya menggunakan sebuah Aplikasi.

Nah, kalo Nettop adalah versi desktop (komputer meja) yang lebih mini (yang mini adalah Main Processing Unitnya atau yang lebih terkenal CPU). Dan tetap melakukan penekanan pada akses internet yang wajib ada.
Nettop
Tapi sepertinya pengguna komputer di Indonesia lebih memilih menggunakan Desktop PC daripada Nettop, karena sama-sama komputer rumahan, walau mungkin perbedaan harga yang cukup berbeda, seperti LapTop/NoteBook dengan NetBook.

Komentar

Hidin mengatakan…
kayaknya,,, semua sama aja namun yang membedakan adalah kapasitasnya,,,dan program tambahan lain
Amad Yasin mengatakan…
kalo menurut ane kapasitas kurang membedakan ini bro, temen ane punya netbook kapasitas harddisknya sama ama laptop temen ane, tapi soal ukuran jelas berbeda...
kalo program tinggal install aja...

Postingan populer dari blog ini

BlueSoleil 5.4.277.0

Cara Memotong Subtitle

Merubah Waktu Tampilan Subtitle