Belajar Mengetik 10 Jari

Sebenarnya mengetik dengan 10 jari bisa kita dapatkan tanpa harus belajar, yaitu melalui kebiasaan kita sehari-hari di depan komputer. Tapi tidak sedikit yang benar-benar berlatih untuk bisa memiliki kemampuan tersebut. Pada zaman sekarang, orang-orang yang menggunakan komputer kurang memahami manfaat sebenarnya dari mengetik dengan 10 jari bahkan tanpa melihat (blind system). Salah satu alasannya yaitu, kita merasa lebih sering menggunakan mouse dari pada keyboard, mungkin dikarenakan aplikasi / software komputer yang kita gunakan telah menggunakan kualitas grafis. Sehingga kita merasa akan lebih cepat apabila menggunkan mouse yang hanya tinggal klik saja, padahal jika kita menggunakan keyboard kita bisa lebih cepat menggunakan aplikasi / software tersebut.

Karena itu sebaiknya kurangi perpindahan tangan dari keyboard ke mouse, karena dengan keyboard kita sudah bisa menggunakan aplikasi, walau tetap perlu bantuan mouse. Selain itu dari segi medis, mengetik dengan 10 jari bisa mengurangi resiko cedera dan kelelahan otot. Ditambah kelelahan otak karena seringnya melakukan perpindahan mata dari layar monitor ke keyboard (ditambah ke buku, apabila kita ingin mengetik tulisan dari buku). Efek awal dari ini semua paling hanya terasa pegal, tapi efek yang yang sebenarnya yaitu bisa mengakibatkan kelumpuhan syaraf, bahkan ketika kita membunyikan jari tangan setelah selesai mengetik pun dapat berakibat fatal (infonya disini).

Lagipula, tidak ada salahnya kita mempelajari teknik mengetik 10 jari ini, anggap saja kamu sedang bermain saat berlatih. Jika ingin berlatih di rumah, biasakan saja mengetik tulisan yang berasal dari buku, atau mengetik ulang dokumen yang ada ada dikomputer kamu. Latihan seperti ini, cukup dilakukan 15 menit sehari (atau sampai selesai kamu mengetik ulang sesuatu). Nah, karena pentingnya kemampuan ini dalam berhadapan dengan komputer, banyak aplikasi / software yang dapat membantu kamu dalam berlatih. Tidak hanya software, situs-situs pun bermunculan bila kamu malas untuk menginstal software.

Melalui proses pencarian yang lumayan lama (hehe), ane merekomendasikan software ini,


TypeFaster Typing Tutorial (link)
Free Software Open Source
Ukuran : 1.81 Mb
Bisa langsung di download disini
Kamu akan dapat bantuan belajar dari software ini, tapi bukan belajar mengetikkan kata-kata dalam bahasa  Indonesia, tapi bila kamu malas untuk menginstall software semacam ini di komputer kamu, dan kebetulan di rumah kamu sudah memiliki koneksi internet, kamu bisa masuk ke situs ini.


Situs ini menggunakan kata-kata dari Indonesia, tapi tersedia juga dari negara lain, tingal klik saja bendera negaranya. Dan pada saat mengetik kata-kata yang tersedia, kamu hanya diberikan waktu 60 detik, dan setelah waktu selesai kamu dapat melihat berapa kata yang kamu ketik selama 60 detik itu, dan hasilnya bisa kamu sharing di tempat yang kamu inginkan, ane pun sudah mencoba, dan ini adalah hasil ane yang paling tinggi saat ini (baru ngetes sebelum nulis postingan ini) tampilan gambar yang diberikan kodenya seperti ini

50 words
Speedtest

Dan ini adalah hasil yang berada di atas kodenya, ane print screen,.. lumayan lah 50 kata per menit, karena waktu ane mencoba dulu, hasilnya hanya 30-an kata per menit, itupun masih memiliki beberapa kata yang salah (salah ketik lalu terlanjur menekan spasi, jadi jika kamu salah ketik segera benarkan, sebelum kamu menekan spasi)

Ok, sekian dulu dari ane, sampai nanti, dan tetap Belajar Iseng

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Memotong Subtitle

Download Video Dari Browser (Situs Apa Saja)