Hari Tanpa Facebook Sedunia

Tahukah kamu, beberapa hari kedepan akan ada sebuah hari yang akan diperingati ??. Tepatnya pada tanggal 31 Mei dan lebih tepat lagi pada hari senin, akan diadakan sebuah kampanye (bukan kampanye pemilihan loh..)., mau tau kampanye apa yang dilaksanakan pada akhir bulan ini ?? Kampanye tersebut adalah kampanye untuk menyerukan bahwa pada tanggal tersebut merupakan hari tanpa akses Facebook sedunia.

Ternyata dalam beberapa hari belakangan, Facebook menjadi perhatian dunia (walaupun memang sudah diperhatiin tiap hari ya..). Tapi bukan karena situs ini menjadi jejaring sosial nomor satu di internet, ataupun yang paling banyak dikunjungi tiap hari, melainkan karena aturan privasi-nya yang cukup ketat, yang menyebabkan sebagian besar pengguna merasa tidak nyaman.

Dikutip dari okezone.com yang melansir melalui Tech Watch, Senin (24/5/2010), sebuah situs telah dibuat untuk menggalang kampanye ini. Situs bernama 'Quit Facebook Day' dibuat oleh pemiliknya yang bernama Matthew Millard dan Joseph Dee.

"Facebook memberikan anda pilihan untuk mengatur data yang anda miliki. Namun pilihan mereka kami anggap tidak adil. Selagi Facebook memberikan masing-masing individu untuk memanage akun mereka sendiri, tapi hal ini malah dipersulit sehingga rata-rata pengguna sulit untuk mengerti," tulis founder situs tersebut.

"Kami juga merasa Facebook tidak menghormati anda dan data yang anda miliki, khususnya untuk konteks di masa yang akan datang," tambahnya.

Kenapa tidak membuat grup di Facebook tapi malah membuat situs yang baru, padahal grup-grup pendukung seperti di Indonesia saja lumayan efektif untuk merubah cara pandang masyarakat. Mungkin karena jika membuat grup di Facebook, sama saja masuk ke situs yang ingin mereka tidak buka dalam 1 hari.

Tapi jangan salah loh, sudah tergabung 14.000 orang dalam program kampanye ini dan juga berkomitmen untuk berhenti menggunakan Facebook pada akhir bulan ini. Kalo ane karena suatu alasan dan ingin fokus di blog ini, ane sudah mengurangi membuka facebook terlalu lama, setidaknya hanya untuk iseng-iseng saja, tidak seperti beberapa bulan lalu, selalu ada sebuah tab untuk halaman Facebook dan gamenya (curhat dikit nih, hehe)

Melihat berita di okezone.com ini, ane pun jadi teringat, kalau tidak salah beberapa hari lalu (tepatnya tanggal 20 mei), pernah dilakukan hal yang serupa, karena sebuah event yang berjudul Setiap Orang Menggambar MUHAMMAD.

Mungkin karena penyebarannya yang kurang maksimal sampai hari H, ane tidak melihat bahwa pada tanggal tersebut tidak ada yang membuka Facebook. Tapi ane tidak meremehkan kampanye pada tanggal 31 mei yang akan datang, walaupun di Indonesia masih ada yang membuka Facebook, setidaknya 14.000 orang sudah berkomitmen untuk tidak membuka Facebook.

Ambil sisi positifnya saja dari info ini, dan lakukan apa yang telah menurut kamu benar, tapi benar juga di mata orang lain ya.. jangan yang gak bener hehe....

Komentar

aguestri mengatakan…
Wah ternyata facebook ......

Postingan populer dari blog ini

BlueSoleil 5.4.277.0

Cara Memotong Subtitle

Merubah Waktu Tampilan Subtitle