Alternatif menyelamatkan file di Flashdisk yang terkena Virus

Ketika kita sudah mengantisipasi komputer kita dari virus yang berasal dari flashdisk, tetap saja ada kemungkinan flashdisk kita akan tertular virus ketika kita mencoloknya dikomputer lain, apalagi warnet. Biasanya jika flashdisk sudah terinfeksi virus, maka akan sulit diakses dengan cara biasa. Jika sudah begitu, antivirus lah yang harus bekerja untuk membersihkan virus tersebut.



Tapi, tidak semua antivirus dapat menormalkan file-file kita yang telah disembunyikan oleh virus, dan kebanyakan dari kita beranggapan, bahwa file-file tersebut telah hilang bersama dengan virusnya, padahal file-file tersebut mungkin saja masih tersimpan diflashdisk kita, tapi kita tidak tahu.

Sebenernya Windows Explorer bisa menampilkan file-file yang disembunyikan tersebut, tapi kita harus merubah settingannya dulu, tidak sulit memang, tapi bagaimana kalau ada program alternatif pengganti windows explorer ? Dalam kasus ini, ane menawarkan program FreeCommander.

FreeCommander adalah program alternatif yang setara dengan windows explorer bahkan fiturnya lebih komplit, berikut adalah tampilan program setelah dijalankan
Kita bisa memilih drive yang kita perlukan, terdapat 2 kolom, agar mempermudah kita dalam proses pengcopyan file. Tentunya salah satu kolom akan menampilkan isi pada drive flashdisk kamu, dan kolom satunya lagi adalah tempat dimana kamu ingin menempatkan file yang ingin kamu copy.

Program ini dapat menampilkan semua file dan folder yang ada, tidak peduli file tersebut dihidden atau tidak, sehingga akan memudahkan kita mengambil file-file kita yang disembunyikan oleh virus, dan setelah itu normalkan kembali file tersebut, caranya adalah :
1. Pilih semua file dan folder yang dihidden oleh virus
2. Tekan Shift+Enter
3. Centang Set attributes, lalu hilangkan semua centang yang ada (Archive,Read-only,Hidden,System)
4. Klik OK

Setelah itu, file atau folder kamu akan dapat terlihat kembali di windows explorer.
Sebenarnya tidak hanya file dan folder kamu saja yang dapat dilihat oleh FreeCommander, file virus juga dapat terlihat, dan bila memungkinkan, kamupun bisa menghapus virus tersebut dengan program ini, dan untuk meyakinkan kamu bisa meminta bantuan antivirus untuk membersihkan lagi.

Jika kamu sudah penasaran, silahkan download langsung FreeCommander
FreeCommander
Jika kamu mau yang versi Portable, ada disini
FreeCommanderPortable

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BlueSoleil 5.4.277.0

Online YM Generator Blogger

Cara Memotong Subtitle