Menangani firefox / flock yang sering crash

Akhir minggu kemaren benar-benar diluar dugaan ane, mulai dari ujan petir, mati lampu, windows crash, browser crash, plus mendadak sakit. Ane sebenernya udah nyiapin postingan buat akhir minggu kemaren, tapi karena masalah browser flock ane yang sering crash, tulisan yang udah dibuat hilang begitu saja (karena ane buat postingannya di flock). Akhirnya yang ada tulisan tersebut ane putuskan untuk tidak dilanjutkan, lagian juga menurut jadwal terbitnya (je ilah jadwal terbit) udah terlalu lewat. Hari ini ane sudah merasa sedikit sembuh, mumpung ada tugas, ane sempatkan untuk internetan, eh sekalian juga buat postingan...

Postingan kali ini, bukan sekedar curhatan ane tentang akhir minggu kemaren, tapi karena pengalaman ane mengenai urusan browser ane yang sering crash (firefox dan flock). Sudah hampir tiap hari ketika browser ane crash ane selalu mencari cara untuk menanganinya (ya, tentu saja tanya ama mbah google), tapi tak ada satu artikel pun yang membuat ane puas. Akhirnya ane putuskan untuk bertindak sendiri hari ini.

Jika kamu punya permasalahan dengan browser kamu yang sering crash, menurut ane satu-satunya cara untuk menangani hal itu hanyalah dengan meng-Uninstall browser tersebut lalu meng-Install kembali browser yang terbaru (lebih baik sebelum di Uninstall, download dulu file Installasinya). Jika kamu memiliki bookmark situs-situs penting yang tidak ingin kamu hilangkan pada proses Uninstall, lebih baik kamu simpan terlebih dahulu semua bookmark. Caranya :

  1. Pilih Bookmarks - Organize Bookmarks (atau tekan tombol Ctrl+Shift+B) {Firefox}

    Pilih Favorites - Organize Favorites (atau tekan tombol Ctrl+Shift+F) {Flock}
  2. Pada jendela Library pilih Import and Backup - Export HTML
  3. lalu simpan file HTML tersebut dengan nama yang kamu mau (saran : simpan dengan nama bookmark.html)
    ( file HTML ini adalah semua bookmark yang ada )

Nah, setelah proses tersebut kamu tidak perlu khwatir kehilangan semua situs-situs yang telah kamu bookmark (ane harap salah satunya blog ane, hehehe ngarep mode ON). Berarti langkah berikutnya hanyalah tinggal meng-Uninstall browser tersebut. Ketika kamu berhadapan pada tampilan seperti ini


Kamu perlu mencentang "Remove my Firefox personal data and customizations", setelah itu tekan tombol Uninstall, setelah selesai prosesnya bisa langsung Install browser yang baru, atau mau istirahat dulu juga boleh. Proses Installasi tidak ada yang berubah, lakukan seperti biasa, setelah selesai proses Installasi berarti kamu telah memiliki browser baru yang masih bersih, pastinya kamu ingin mengembalikan bookmark yang tadi telah kamu simpan untuk kembali ke browser kamu yang baru kan, Caranya hampir sama dengan proses penyimpanan bookmark, yang berbeda hanya kamu harus memilih Import HTML , lalu cari file HTML yang tadi kamu simpan (bookmark.html). Maka setelah itu browser kamu yang baru akan memiliki bookmark browser kamu yang lama, tapi bila browser kamu mengalami crash lagi, kemungkinan ada masalah yang lebih serius daripada itu, ane baru merasakan hal tersebut belum ada satu hari sejak postingan ini terbit, dan Alhamdulillah browser ane (flock dan firefox) sudah tidak menunjukkan tanda-tanda buruknya itu, ane berharap juga buat kamu...

Komentar

ihsan saidi mengatakan…
berkunjung sob :)

Postingan populer dari blog ini

BlueSoleil 5.4.277.0

Online YM Generator Blogger

Cara Memotong Subtitle