89% email di seluruh dunia adalah spam

Lagi nyari-nyari informasi, ketemu berita mengenai spam. Ternyata jumlah email yang ada di seluruh dunia ini bisa dikatakan hampir dikuasai oleh spam. Apa itu spam ? spam adalah penyalahgunaan berita elektronik untuk menampilkan berita iklan dan keperluan lainnya yang membuat ketidaknyamanan para pengguna internet, seperti para blogger yang diberikan komentar-komentar spam yang gak jelas, atau para pemilik email yang dikirimi iklan-iklan yang tidak penting.



Menurut berita dari VIVAnews yang berasal dari laporan bulanan Symantec Messaging and Web Security, Juni 2010, bahwa 89,81% dari seluruh email yang dikirim di seluruh dunia adalah pesan spam. Dan ternyata angka ini meningkat 0,59% dari bulan Mei.

"Dengan bertambahnya jumlah pengguna jejaring sosial, spammer yang pintar memanfaatkan kepopuleran jejaring ini untuk membuat teknik spam baru setiap minggu" sebut juru bicara Symantec, pada keterangannya, 30 Juni 2010.

Seperti sebuah roda, kenaikan jumlah pesan spam ini juga diikuti penurunan phising. "Dibanding bulan sebelumnya, serangan phising mengalami penurunan sebanyak 9 persen," sebut Symantec. Lalu apa itu phising ? istilah ini memang berasal dari kata fishing ('memancing') yang memang bertujuan untuk mendapatkan informasi dari korban yang tertangkap, informasi penting dalam dunia maya ini apalagi selain password yang diketahui korban, yang akan berujung diketahuinya semua data-data pribadi korban dalam dunia maya atau bahkan juga kehidupan aslinya.

Dari sisi phising URL unik, jumlahnya turun 10% dari bulan sebelumnya. Walaupun jumlahnya turun tapi 93 layanan webhosting telah digunakan dan menyumbangkan 11% dari keseluruhan phishing. Jumlah layanan webhosting yang disalahgunakan ini naik  6% dari bulan sebelumnya.

Jadi, kita harus tetap waspada memasuki dunia maya ini. Jika kamu mendapatkan pesan yang kamu tidak kenal asal-usulnya lebih baik abaikan saja, malah lebih baik hapus. Tapi juga jangan terlalu percaya walau email yang kita terima berasal dari kontak yang mirip dengan alamat email teman kita, lebih baik verifikasi terlebih dulu dengan teman kita. Dan bila kamu tidak sengaja masuk ke dalam situs phising lebih baik segera keluar, perhatikan alamat situs yang kamu masuki apakah situs tersebut benar-benar situs yang ingin kamu masuki atau bukan, dan bila tidak sengaja memasukan password, segera rubah password kamu sebelum orang lain yang mengetahui password milik kamu yang merubahnya.

Itulah salah satu dari sisi gelap internet, sekian dari ane.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BlueSoleil 5.4.277.0

Cara Memotong Subtitle

Online YM Generator Blogger