Antisipasi terhadap Virus dari Flashdisk

Pengunaan flashdisk sebagai suatu media penyimpanan eksternal yang mudah dibawa kemana-mana ternyata juga dapat menjadi sarana penyebaran virus, apabila virus tersebut belum dapat dijinakkan. Banyaknya warnet-warnet yang tidak terlalu menghiraukan serangan virus pada komputer-komputernya, mengakibatkan flashdisk para pelanggannya pun ikut terjangkit virus. Dan karena si pelanggan tidak tahu atau kurang mengerti ditambah antivirus yang dipakai pun tidak diupdate, bisa menularkan kembali virus yang sudah menulari flashdisknya ke teman-teman sekitarnya. Sebenarnya virus tersebut tidak langsung menginfeksi komputer yang dipasang flashdisk menular tersebut, tapi memanfaatkan fungsi default pada windows terlebih dulu, dan bersamaan dengan jalannya fungsi tersebut virus tersebut pun menulari komputer tersebut.
Fungsi yang digunakan oleh virus adalah fungsi Auto Play, dengan fungsi tersebut windows akan langsung memulai perintah baru. Karena banyaknya virus yang memanfaatkan fungsi ini untuk menyebarkan diri mereka dan baru kemudian menginfeksi sebuah komputer, lebih baik kita matikan fungsi ini, sebelum flashdisk yang tertular virus menginfeksi komputer kamu.

Cara untuk mematikannya :
> Klik Start -> run (kombinasi tombol windows+R), ketik "gpedit.msc"

> Pilih Computer Configuration - Administrative Templates - System

> Lalu cari file Turn Off Auto Play, double klik

> Pilih Enabled, lalu pada Turn off Autoplay pilih All drives

> Klik OK, lalu restart komputer kamu...

Cara lain untuk mencegah virus mengalir dalam komputer kamu adalah dengan mengaktifkan dan menggunakan user Guest tiap kali kamu menggunakan komputer.Karena pada saat kamu menggunakan user Guest secara tidak langsung kamu akan mematikan fungsi registry, karena virus pun menggunakan fungsi ini untuk merubah value di dalamnya. Dan cari lainnya lagi yang ane sarankan adalah dengan selalu mengupdate antivirus kamu secara rutin, walaupun komputer kamu tidak terhubung dengan internet, lakukan saja update secara offline, yaitu dengan mendownload terlebih dulu file update antivirusnya di komputer lain yang terhubung dengan internet.

Oke, sekian dari ane.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BlueSoleil 5.4.277.0

Online YM Generator Blogger

Merubah Waktu Tampilan Subtitle