USB Device Malfunctioned

Salah satu kekurangan Windows XP, ketika mengalami error yang sangat aneh, ketika kita menggunakan usb pada komputer kita, tapi usb kita tidak terbaca. Kemaren ketika ane sedang transfer data lewat koneksi usb di komputer ane, tiba-tiba saja muncul ballon error dibawah (kotak berwarna kuning di taskbar).
Saat itu tulisannya tertulis Error Write Delay (kalo gak salah). Ane gak terlalu menanggapi hal itu, lalu ketika ane merestart komputer ane, ternyata tulisan tersebut telah berubah menjadi USB Device Not Recognized. Saat melihat hal tersebut ane langsung frustasi (rada curhat dikit ney).
Karena bila hal ini muncul, maka usb apa pun yang mau di pasang atau mungkin yang sudah terpasang, maka usb tersebut tidak akan dapat terbaca oleh windows, padahal jika dilakukan pengecekan tidak ada kerusakan. Akhirnya ane memutuskan untuk mulai mencari tentang masalah ini, dan akhirnya cara yang ane temukan dan ane pernah rasakan hasilnya yaitu matikan komputer kamu, cabut kabel daya (atau baterai untuk laptop) dari komputer kamu selama sekitar 30 menit, pasang kembali kabel listrik, restart komputer dan masalah akan tertangani.
Tapi dalam beberapa kasus, cara di atas tidak dapat menangani masalah Malfunction pada USB, misalnya
1. Apabila driver USB kamu hilang atau tidak kompatibe. Pastikan bahwa kamu memiliki driver chipset motherboard terpasang dan juga driver perangkat USB yang yang ingin Anda gunakan.
2. Selective Suspend feature of USB : Fitur ini akan memungkinkan windows untuk mengontrol daya perangkat USB yang diperlukan. Pengaturan ini juga kadang menyebabkan beberapa masalah. Lihat perbaikan dari Microsoft Support di sini.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BlueSoleil 5.4.277.0

Cara Memotong Subtitle

Merubah Waktu Tampilan Subtitle