Penilitan Isi Ulang Baterai dari Layar LCD


Peneliti di University of California, Los Angeles (UCLA) sedang mengembangkan cara untuk mengambil energi yang terbuang dari layar LCD yang bisa digunakan pada perangkat seperti ponsel dan lainnya. Karena cahaya LCD pada gadget ternyata dapat digunakan untuk mengisi ulang baterai.


Teknologi yang dikembangkan peneliti di UCLA Henry Samueli School of Engineering and Applied Science adalah organic photovoltaic polarizer. Konsepnya, layar LCD yang digunakan bisa dilengkapi dengan photovoltaic polarizer itu. Sehingga, cahaya apapun yang menerpa layar itu bisa dikonversi sebagai energi.

Setiap LCD memiliki dua lapis polarizer, di depan dan di belakang layar. Apa yang dilakukan peneliti di UCLA ini pada dasarnya adalah membuat polarizer yang juga berfungsi sebagai pengubah cahaya ke listrik (sel photovoltaic).

Selain dari lampu backlight, layar yang dilengkapi photovoltaic polarizer bisa menyerap energi dari matahari atau bahkan penerangan lampu ruangan melalui bagian depan layar.


"Ke depannya, kami ingin meningkatan efisiensi dari organic photovoltaic polarizer ini, dan pada akhirnya kami berharap bisa bekerjasama dengan pembuat elektronik untuk menerapkannya di produk sungguhan," kata Profesor Yang Yang, peneliti utama penelitian ini.

Riset ini didukung oleh Intel Labs Academic Research Office. "Pendekatan ini sangat menarik, dan bisa sinergi dengan proyek lain yang kami danai melalui Intel Labs," kata Youssry Bouros, program director Intel Labs Academic Research Office.

Makalah soal penelitian ini akan diterbitkan di jurnal Advanced Material. Makalah itu disusun oleh peneliti UCLA Rhui Zhu dan Ankit Kumar.

Jika penelitian ini berhasil dan dapat diterapkan pada produk sungguhan, kemungkinan setiap gadget (terutama smartphone) akan menjadi lebih hemat baterai, karena cukup dengan memanfaatkan cahaya yang melalui bagian depan layar, maka gadget sudah memiliki daya energi untuk dapat bekerja.

Komentar

Paket Haji 2012 mengatakan…
keren nih kalo jadi kenyataan karena ga usah repot ngecas gi, mantaap!!
4D Prize Group mengatakan…
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Postingan populer dari blog ini

BlueSoleil 5.4.277.0

Cara Memotong Subtitle

Merubah Waktu Tampilan Subtitle