Merubah Waktu Tampilan Subtitle

Saat kita mendowload film, terkadang tidak disediakan subtitlenya, jadinya kita harus download terpisah dengan filmnya, tapi tidak masalah jika subtitle tersebut, pas dengan film yang kita tonton. Maksud pas disini adalah sesuai dengan tokoh yang berbicara dengan arti yang ada disubtitle tersebut. Tapi ada juga ketika subtitle tersebut lebih cepat atau lebih lambat keluarnya, sehingga tidak nyaman untuk kita menikmati film tersebut.
Begitu juga dengan yang baru saja ane alami, karena itu ane ingin membagi informasi diblog ane. Ada sebuah program yang membantu kita meyelaraskan waktu tampil subtitle dengan film. Namanya adalah Time Adjuster.

Dengan program ini, kita bisa memanipulasi waktu tampilan subtitle pada saat dijalankan bersama dengan film. Nah disini ane akan memberitahu cara menggunakan program ini.
Pertama buka time adjuster,
lalu open subtitle yang mau di edit,
setelah itu klik file dan pilih move time,
lalu akan muncul window baru, disitulah kita akan merubah waktu tampilan keluarnya subtitle,
Sebelumnya kamu harus tahu, subtitle yang kamu miliki sekarang munculnya lebih cepat atau lebih lambat dari yang seharusnya ??
bila lebih cepat berarti pilih text will appear earlier karena kita ingin memundurkan waktu tampil,
bila lebih lambat berarti pilih text will appear later, dengan begitu subtitle akan lebih cepat tampil,
berikutnya, pada bagian ini lah kita perlu mengira-ngira, kira-kira beda berapa detik antara waktu tampil subtitle dengan filmnya ? tapi tidak masalah, karena kita bisa mencoba terus sampai menemukan waktu yg pas. Untuk mengaturnya geser seconds, angka yang ada akan berubah tergantung pilihan sebelumnya, yaitu earlier atau later
Jika sudah tekan OK, dan program akan memprosesnya, dan setelah itu klik OK, kemudian akan ada subtitle baru hasil perubahan tadi disebelah subtitle yang asli, sekarang saatnya menyimpan / save hasil editan tadi, bisa disimpan dengan nama baru, atau untuk mengganti subtitle yang lama

Nah, proses untuk merubah waktu tampilan sudah selesai, sekarang tinggal dites, apakah sudah sama dengan filmnya atau belum, bila belum silahkan ulangi dari awal, bila sudah, tinggal menikmati film tersebut dengan subtitle yang sudah pas.

Untuk download filenya bisa didownload disini

Komentar

wacana mengatakan…
hehe akhirnya ilmu yg dicari ketemu juga...
terimakasih tipsnya...
Amad Yasin mengatakan…
sama sama sob...
senang rasanya bisa membantu...
tirta suryana mengatakan…
jika pakai kmplayer sudah ada bro untuk setting waktunya, lebih mudah dimengerti dan dipahami
Amad Yasin mengatakan…
wah, ane baru tau kmplayer sob...
yang biasa ane pakai tuh mpc ama vlc,
btw, terima kasih ya sudah memberi informasi baru...
bumbox mengatakan…
wahh ini yg saya cari mas,,saya rencananya mau buat vcd tapi filmnya harus dipecah jadi 2 (filmnya full .mkv) nah saya kesulitan memecah subtitlenya,,mau bikin subtitle manual bikin mata keluar,,,alhamdulillah yahh nemu blog ini,,sesuatu banget
Anonim mengatakan…
Terima kasih. Sangat membantu!

Postingan populer dari blog ini

BlueSoleil 5.4.277.0

Cara Memotong Subtitle